Suasana Hunting Foto Model disalah satu event Honda

[Tips] Mudah Menjadi Fotografer Model

Hey hey! Kembali bersama beberapa tips ngaco di fotodeka.com , kali ini saya ingin sedikit berbagi tips yang sangat sederhana, mudah diduplikasi, struktur, dan terencana buat kalian para fotografer yang ingin menjadi fotografer model.

model-cantik-manis-seksi-hunting-foto-hunting foto-model seksi-1Perlu diluruskan disini ‘fotografer model’ bukan fotografer model, mungkin kalau teman-teman paham maksud saya bisa disimak selanjutnya. Kalau tidak paham, yoweslah saya pasrah.
Akhir-akhir ini kebutuhan model untuk difoto berbanding lurus dengan jumlah para fotografer model berlatar belakang hobi, mengapa? ya karena untuk menjadi fotografer cukup memiliki DSLR low end dan lensa kit ataupun lensa fix, ditambah lagi dengan stereotip bahwa jadi fotografer itu keren. Hehehe 😛

1. Membangun Komunitas Fotografi
Untuk menjadi terkenal ataupun dikenal fotografer lain, kalian harus bisa membangun komunikasi dengan komunitas fotografer didaerah kalian. Apa saja sih komunitas fotografer yang hobinya motretin model? saat ini ada banyak sekali, sekarang kalian tinggal memilih mana saja komunitas fotografer model yang akan kalian ikuti.
Sebenarnya kesamaan hobi memotret model akan memberikan banyak nilai tambah, apalagi kalau kalian rajin mengupload dan tagging hasil hunting foto. Semakin banyak kalian mendapatkan jempol alias like di facebook, percayalah kalian adalah salah satu orang yang diperhitungkan. Apalagi kalian punya foto-foto yang luar biasa dahsyat angle, komposisi, atau tone foto.

2. Membuat Album Foto Model
Ini adalah hal yang paling wajib buat kalian yang ingin tampil meyakinkan bagi para fotografer model. Mengapa? biasanya calon model yang ingin difoto ataupun yang kalian ajak untuk hunting foto atau foto sesi biasanya akan melihat-lihat alias ngepo hasil jepretan kamu.
Tentu jangan lupa untuk memberikan judul “Foto Hunting with bla bla bla”, “Photo Session With bla bla bla”, “Session with bla bla bla” atau bla bla bla. Hehehehe. Jangan lupa untuk mengatur album foto di facebook kalian dalam posisi public atau umum, agar semua orang dapat melihat. Dan jangan lupa untuk nge-tag foto kebanyak teman facebook kalian yang hobi memotret model serta beberapa ‘model cewek’ yang sekiranya kalian akan ajak foto lebih yakin, jangan lupa membagikan atau share serta membalas setiap komentar yang ada difoto tersebut.

Suasana Hunting Foto Model disalah satu event Honda
Suasana Hunting Foto Model disalah satu event Honda

3. Rajin Ikut Hunting Bareng, Gratis ataupun Berbayar
Apa itu hunting foto bareng? Ah masak kalian nggak tau, itu lho kadang ada acara komunitas fotografer ngadain acara hunting. Kalian kalau bisa jangan sampai nggak datang, yang gratisan apalagi. Mengapa? Dari acara hunting bareng kalian akan mendapatkan ‘Portofolio‘ secara gratis? oh ya memotret model pada acara hunting gratis ataupun lomba foto itu termasuk dalam portofolio bagi seorang fotografer model.
Hunting foto biasanya diadakan setiap bulan, dengan penyelenggara berbeda-beda. Mulai dari komunitas fotografer, toko retail penyedia alat fotografi, ataupun brand, sampai event organizer khusus hunting foto private.Nah disini biasanya ada yang berbayar ada yang gratis, kalau kalian ingin tetap eksis rajin-rajinlah ikut hunting foto, mencari kenalan fotografer model, kenalan model cewek juga tentunya.

4. Membuat “Brand” Fotografimu
Ini salah satu hal kecil yang terkadang dilupakan bagi para fotografer model, brand seorang fotografer model itu harus ada. Terserah kalian mau kasih nama kalian, nama inisial kalian, nama mantan, jenis kamera yang kalian pakai, ataupun apapun lah. Karena brand itu mewakili hasil karya fotomu.
Contohnya brand ‘FOTODEKA’, brand ini tidak cocok sebagai fotografer model. Mengapa? karena sebenarnya saya memang membangun ini sebagai fotografer dokumentasi, fotografer panggung, fotografer komersil non fashion. 

5. Ikut Workshop ataupun Seminar Fotografi
Event hunting foto dengan seminar atau workshop foto model memang tidak sebanding, karena banyak fotografer hobi memang merasa lebih penting motretnya. workshop ataupun seminar itu teori bung! Langsung praktek lah, ya nggak kawan-kawan? 😛 hehehe.
Untuk perbandingan antara hunting foto dan seminar fotografi itu, diantara tiga kali hunting foto palingan ada satu seminar foto. Itu beruntung banget, tetapi sih rasanya malah lima kali ada hunting baru ada sekali seminar fotografi. Untuk seminar fotografi model malah jarang, mengapa? entahlah. Padahal banyak yang dibahas, soal komposisi, tata cahaya (terutama studio), dan trik bisnis fotografi. Jangan lupa workshop ataupun seminar fotografi itu investasi ilmu jangka panjang lho.

Kalau ditanya pernah motret model? saya jelas pernah, tetapi saya menganggap ‘model-modelan’ karena saya tidak membuat kontrak apapun, kadang iseng ada hunting yang ada hadiahnya ya saya ikut. Kan saya juga prize hunter, ikut sebagai pemburu hadiahnya. Ataupun ketika saya ada pekerjaan sebagai freelance fotografer dokumentasi disebuah acara event yang ada acara hunting foto ya mau nggak mau saya motret modelnya juga dong? nggak sekadar crowd event-nya aja.

Udahan dulu ya tips Mudah Menjadi Fotografer Model, ada kiranya kritik, kesan dan pesan bisa disampaikan melalui twitter @fotodeka ataupun facebook pages fotodeka.

4 thoughts on “[Tips] Mudah Menjadi Fotografer Model”

Tinggalin komentar ya