Surat Terbuka Untuk Tim Digital BBC Indonesia

Halo Tim Social Media atau Tim Digital BBC Indonesia, perkenalkan saya Dwi atau nama lainnya Fotodeka. Nama yang agak panjangan lagi mungkin bisa dicari sendiri, saya paham saya ini bukan siapa-siapa. Hanyalah penikmat viral social media, bukanlah anak agensi digital, malah saya ngerasa sering ngisengin digital campaign teman-teman.

BBC Indonesia. 11 Juli 2014Saya adalah Warga Negara Nusantara, bukan Warga Negara Asing apalagi Tiongkok. Karena sudah jelas-jelas dari nama panjang saya *cari sendir*. Saya lahir disebuah Pulau yang bisa tidak jauh dari Pulau Sipadan dan Ligitan, Pulau Tarakan namanya yang kini orang lebih kenal dengan Kepulauan Derawan ketimbang Tarakan.

Saya lahir, tumbuh, dan (belum) berkembang (biak) di Nusantara ini, bukan karena Nasionalis. Tetapi memang saya belum berkesempatan mencicipi namanya negara diluar Nusantara. Saya paham bagaimana tim media sosial itu mencoba mem-filter user facebook mana yang spam, mana yang bukan. Dan saya paham bagaimana memberikan respon, ataupun menyampaikan kepada redaksi.

BBC Indonesia. 11 Juli 2014Saya hanyalah seorang blogger gagal, hanya ingin mengingatkan tim media sosial dari BBC Indonesia. Ingatkah 11 Juli 2014, ketika wawancara dengan Prabowo Subianto secara live dan berbahasa Inggris? Tim Media Sosial memposting, bahwa telah mengajukan permohonan wawancara dengan Joko Widodo. Tetapi sampai bulan Agustus, kemudian berlalu September belum juga ada rekaman video ataupun audio yang beredar wawancara khusus BBC Indonesia dengan Joko Widodo. Apapun temanya?

BBC Indonesia. 11 Juli 2014Saya paham mengapa facebook saya diblock oleh tim digital BBC Indonesia, karena pada rentang bulan Juli-Agustus saya mengingatkan disetiap postingan facebook pages BBC Indonesia. Yang kira-kira temanya, kapan beliau diwawancara? apakah sesibuk itukah? Pada bulan Juli-Agustus? 

Ini sudah November, dimana jadwal saya harus lulus juga mepet. Saya paham bagaimana tim digital BBC Indonesia sangat sengit dan tidak suka untuk diingatkan saya melalui facebook pages. Bahwa masyarakat juga punya kontrol atas media itu, bukan cuma media yang punya kontrol terhadap pemerintah, golongan, ataupun lingkungan. Dan hingga November ini akun saya masih diblok? sebegitu takutnyakah?

Dengan hormat Tim Digital BBC Indonesia, jikalau memang ada alasan mengapa Joko Widodo tidak sempat diwawancara ekslusif pada rentang waktu Juli-Agustus. Bisakah saya atau kami Warga Negara Nusantara ini diberi tahu? kami semua warga Nusantara diberitahu lewat akun twitter yang untungnya saya belum diblock juga.

hati kecil saya yang paling dalam, diblock facebook pages BBC Indonesia jadi salah satu ‘prestasi’ tahun ini, sama halnya akun twitter saya diblock oleh Joko Anwar dan kakak tingkat saya. Maaf ‘prestasi’ dalam tanda petik.

Saya tahu surat terbuka ini agaknya sudah basi, sama kayak isu pelanggaran HAM 1998 yang digembar-gemborkan waktu masa Kampanye Presiden kemarin. Tetapi lebih basi lagi pada Mei 1998 malah banyak Jenderal penting yang plesir ke Malang.

Dengan hormat. Dwi Fotodeka, yang surat terbuka ini tidak perlu dibalas oleh tim digital atau tim media sosial BBC Indonesia. Cukup iklan diblog saya aja di-klik. *halah serius bener*

10 thoughts on “Surat Terbuka Untuk Tim Digital BBC Indonesia”

  1. :3 iya mz, tulisan agak telat. tapi yasudahlah. Nasi sudah menjadi nasi goreng kambing, tinggal dinikmati :)) haha

Tinggalin komentar ya