[Review] Kamera Ponsel HTC EVO 4G LTE

Memotret Tugu dengan Kamera Ponsel. Saat ini memotret dengan kamera Ponsel jauh lebih mudah, praktis, dan hasil yang cukup.
Memotret Tugu dengan Kamera Ponsel. Saat ini memotret dengan kamera Ponsel jauh lebih mudah, praktis, dan hasil yang cukup.

Kalau secara desain, HTC menurut saya salah satu jagoan desain dalam industri smartphone, dibanding Apple dan Samsung yang desainnya biasa aja. Mungkin ada Oppo dan Nexus yang desainnya agak lucu. Tetapi kali ini saya akan membahas atau me review kamera dari HTC EVO 4G LTE.

Jadi Kamera Saku

Menurut saya ketika saat ini kamera DSLR sudah terlalu merepotkan kalau hanya untuk jalan-jalan iseng, ditambah teknologi kamera pada ponsel pintar semakin baik. Kebanyakan orang sudah malas, ataupun enggan repot membawa DSLR. Bagi pengguna iPhone apalagi, kameranya sudah joss.

Dan bagi saya, HTC EVO 4G LTE ini sudah cukup untuk mendokumentasikan sekadarnya. Karena kamera utama (primary) memiliki resolusi 8 Megapixel, dengan sensor CMOS dan autofokus. Memudahkan untuk memotret tanpa harus menggunakan kamera digital, apalagi DSLR.

review-camera-gadget-phone cell-HTC-EVO-4G LTE-Indonesia-Jogja-fotodeka-Tentu HTC EVO 4G LTE ini juga dilengkapi fitur NFC, hayoo elu-elu pada punya smartphone mesti ngirim foto lagi pada kumpul atau nongkrong bareng ngirimnya pake BBM, LINE atau whatsapp kan? Tenang bro-sis, NFC ini kecepatan transfer rate datanya jauh lebih cepat dibanding bluetooth. Walaupun harus ditempelkan dengan sesama ponsel memiliki NFC.

Review Fitur Foto

Pada mode foto di kamera pintar ini, memiliki 6 mode. Normal, portrait, landscape, backlight, text, dan Macro. Ditambah fitur night (jadi semacam slow-speed) jadi rawan shake atau getar sama seperti kamera poket. Kemudian ada fitur HDR yang cukup menarik disini, kemudian standar ada tambahan fitur sweep panorama.

Secara kualitas foto atau ketajaman, saya cukup puas dengan kamera ponsel HTC EVO 4G LTE. Buat motret street, candid, ataupun yang lain juga rasanya cukup. 8MP juga masih aman untuk dicetak dengan ukuran 10R.

Seperti kamera digital, kamera ponsel ini juga dilengkapi pengaturan atau setting ISO, dari auto, 100, 200, 400, 800, dan 1600. Dan noise atau grainy dari camera HTC EVO 4G LTE ini, masih tampak minim di ISO 400, dan ambyar di ISO 800. Kecuali tidak mempersoalkan noise, memotret menggunakan ISO 1600 pun tidak masalah.

Serta ada pengaturan untuk white balance juga, dari auto, incandescent, flourescent, daylight, cloudy. Buat yang ingin menggunakan pengaturan WB secara manual, memang harus cukup selo untuk mengganti-ganti settingan WB. Ketika akan memotret, tetapi cukup di auto sajalah.

This slideshow requires JavaScript.

Fitur Video

Dalam fitur video, kamera ponsel ini memiliki pengaturan mulai dari Full HD, HD 720p, XVGA (320 x 240), dan CIF (176 x 144). Seingetku sih istilah XVGA itu resolusinya segitu, kalau VGA kan 640 x 480, nah kalau CIF itu buset jaman kamera ponsel kapan itu mah. Ya mereka menyebutnya LOW dan MMS.

Dan pengaturan scene di untuk video dikamera HTC EVO 4G Lte ini ada normal, Slow Motion video dan Fast HD (60 fps), nah disini fitur slow motion yang paling saya suka. Karena bisa merekam slow motion secara langsung dikamera ponsel, dengan resolusi 764 x 432. Entah berapa fps yang kamera ini gunakan untuk fitur slow motion-nya.

Sedangkan untuk normal video pada Full HD 1920 x 1080 dan HD 1024 x 720, frame rate persecond-nya sendiri tidak stabil diangka 24/25. Tetapi jatuhnya menyesuaikan dengan kondisi cahaya, pengaturan ISO. Seingat saya fps pada mode normal di video kisaran 23,9 fps sampai 25 fps, tidak bisa lebih. Kalau kurang dari 23,9 mungkin iya. Kecuali menggunakan Fast HD dengan 60 fps, itu pun hanya dapat merekam dengan resolusi HD 720. Rasanya cukup.

Kesimpulan

Buat yang males bawa DSLR dan belum punya smartphone, handphone, ponsel, atau ponsel pintar dan suka foto-foto dengan kualitas gambar yang baik, saya merekomendasikan HTC EVO 4G LTE ini. Ya kamera ponsel HTC yang lain jelas lebih jos, toh sekarang sudah keluar HTC M10 opo yo? Harganya ya bikin mumet. Tapi desain dan kualitas bisa lah diadu sama iPhone 6.

Suka dengerin musik? Ponsel ini semacam tertanam teknologi Beats Audio, dan semacam certificated lah. Kualitas suara oke, ndak pecah. Jangan nonton bokep atau JAV pake speaker-nya, pake earphone aja biar khidmat. Dan lucunya, ada kickstand bawaan yang memudahkan kalian meletakkan dalam kondisi landscape ponsel ini. Asik buat baca-baca ebook gratis, atau mengerjakan tugas. Tanpa harus menjadikan iPhone sebagai ganjal ponsel ini.

Sayangnya kelemahan HTC EVO 4G LTE ini terletak pada baterai-nya bung, baterai tanem, alias kalau mau nyopot kudu buka baut dulu. Dan juga karena ponsel ini bundling-an dari provider Sprint diluar negeri sono, alhasil teman-teman harus melakukan rooting kemudian meng-inject nomor Smartfren disini. Soalnya Flexi kan udah bubar jalan CDMA-nya. Oh ya ane nggak juga nggak paham rooting apalagi inject nomor. L

Pengen beli HTC EVO 4G LTE bekas? Di Kaskus banyak gan. Mungkin nggak lama lagi ini HTC ane jual kok, pengen beli bekas ane? Kontak aja difacebook atau twitter.

Tinggalin komentar ya