[Review] LED Dimmable Video Light F&V Z96

Buat kameramen atau DOP (Director Of Photography) – kayak produksi film atau video gitu. Merekam saat kondisi remang-remang (low-light) dan butuh cahaya tambahan akhir-akhir ini sudah cukup terbantu dengan berkembangnya teknologi LED (Light-Emitting Diode) teknologi penerang dengan konsumsi daya/listrik yang kecil.

Set-Up Canon EOS 60D dengan LED F&V Z96, tidak terlalu lebar dan besar. Tapi sudah cukup menghasilkan cahaya, praktis jika dipasang diatas kamera.
Set-Up Canon EOS 60D dengan LED F&V Z96, tidak terlalu lebar dan besar. Tapi sudah cukup menghasilkan cahaya, praktis jika dipasang diatas kamera.

Produk Video Light F&V Z96 ini sebenarnya sudah keluar sekitar tahun 2011, saya sendiri melihat pertama kali saat memotret Anggun C. Sasmi yang saat itu ada acara konser di Prambanan (di sponsori oleh salah satu sampo) .  Kemudian saya membeli-nya sekitar tahun 2013, sayangnya teknologi LED saat itu belum sampai CRI 90+.

Kelebihan LED Light F&V Z96
Bagi saya yang menjadi kelebihan lampu LED 96 ini ialah bentuknya yang compact, kecil, praktis. Untuk kebutuhan produksi film atau video dokumenter, atau video liputan lampu LED Z96 ini cukup membantu. Dengan LED berjumlah 96, saya kira untuk kebutuhan mobile light lampu ini cukup mumpuni.

Tampilan lebih kecil, dilengkapi dengan magnetic untuk filter-nya.
Tampilan lebih kecil, dilengkapi dengan magnetic untuk filter-nya.

Selain bentuknya yang praktis, kelebihan lain adalah sudah dilengkapi dimmable alias saklar potensio. Fungsinya mengatur cahaya yang dihasilkan, mau redup-terang. Fitur magnetic untuk diffuser soft dan diffuser orange, lebih praktis saat lepas-pasang filter. dibanding merk Amaran, atau entah merk lain.

Satu lagi nih, untuk sumber listrik lampu LED F&V Z96 ini cukup menggunakan baterai AA x 5 buah, atau bisa pakai baterai Sony tipe NPF (570, 770, 970) Serah deh mau pake yang gede sekalian atau mikir soal estetika aja. Dan sudah dilengkapi dengan soket adaptor listrik universal, bisa beli adaptor buatan F&V atau pake adaptor yang sesuai.

Kekurangan LED Light F&V Z96
Saya agak bingung kalau menjelaskan kekurangan lampu ini jika dibandingkan dengan Amaran AL-H160. Kalau kekurangan LED-nya terlalu sedikit juga nggak masalah, toh untuk sesuatu yang urgent atau mobile lampu ini juga sudah cukup.

Perbandingan Bagian Belakang LED F&V Z96 dengan Amaran L160. Minus battery indicator pada Z96, tetapi minus soket listrik pada Amaran.
Perbandingan Bagian Belakang LED F&V Z96 dengan Amaran L160.
Minus battery indicator pada Z96, tetapi minus soket listrik pada Amaran.

Yang jelas kekurangannya saat saya beli, teknologi LED-nya masih pada CRI 80-85. Yang berarti rendering warna-nya belum maksimal. Sekarang sih F&V Z96 sudah CRI 95. Cuma nggak ada indikator berapa sisa baterai. Udah sih itu aja.

Kesimpulan LED Light F&V Z96
Sejauh ini saya cukup puas dengan lampu LED F&V Z96, karena untuk kebutuhan liputan wedding, pre-wedding, dokumentasi, atau produksi video dokumenter sekalipun. Lampu ini sudah cukup membantu. Saya tidak butuh lampu LED yang terpasang diatas kamera DSLR ataupun kamera video itu terlalu besar. Menambah berat pada saat handheld, dan bentuknya jika seperti Amaran H160 cukup besar dan mengganggu.

Untuk sejauh ini, di Yogyakarta menyewa peralatan lighting, atau lampu cukup mudah. Saya juga menyewakan lampu ini, jika berkenan untuk sewa atau rental alat-alat videografi di Jogja bisa hubungi saya melalui facebook pages.

Sejauh ini pengguaan lampu ini, sebagai fill-in light, walaupun ada beberapa kali sebagai main-light. Tergantung kebutuhannya saja.

Tinggalin komentar ya