Tag Archives: Poncosari

Swasembada Energi di Poncosari

Jadi gini, Poncosari itu sebuah Kelurahan didaerah Selatan Yogyakarta Bantul lebih tepatnya. Disini terdapat pantai-pantai yang cukup terkenal seperti, Pantai Baru, Pantai Pandansimo dan Pantai Kuwaru. Kalau kamu bingung coba inget-inget postingan gue yang dulu, pas gue main ke Pantai Baru waktu ada ikan Hiu Paus terdampar (disini).

Sebenarnya ini postingan masih terkait juga sih sama cerita waktu Earth Hour Jogja, ya ibarat kata ini sebuah rangkaian cerita yang utuh. Karena mematikan listrik sejam, berkaitan sama swasembada energi. Kok bisa? ya bisa aja disisi lain kita harus menghemat energi, dan disisi lain kita juga harus bisa memproduksi sendiri energi yang kita gunakan setiap saat.

Renewable Energy_Solar Cell_Kincir Angin
Swasembada Energi …
Wait! ini dimulai darimana dulu nih? oh ya Poncosari itu sebuah desa yang memiliki banyak kincir angin, dan panel surya yang digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Untuk se-Bantul raya hingga se-pulau Jawa (pesisir selatan) hanya Poncosari yang memiliki jumlah paling banyak untuk kincir angin dan panel suryanya.

Mandiri energi menurut gue dalam hal ini ya kemampuan untuk memenuhi kebutuhan energinya sendiri, tidak bergantung pada energi lain. Energi disini merupakan energi yang terbarukan, bukan energi sekali pakai yang kebanyakan dari fossil. Sesungguhnya alam memberikan banyak option pemanfaatan energi terbarukan, tinggal bagaimana memanfaatkannya tanpa harus bingung energi tersebut habis.

Eits! Mandiri dan Swasembada sepertinya memiliki makna yang sama dalam hal ini, yaitu mampu mencukupi kebutuhannya sendiri. Poncosari mampu untuk memenuhi kebutuhan produksi es batu sebagai pendingin ikan para nelayan, juga mampu untuk memenuhi 70% kebutuhan gas untuk memasak warung di Pantai Baru, serta memberikan penerangan di pantai Baru.

Poncosari mengenalkan kemampuan swasembada energinya melalui sebuah acara beberapa minggu lalu yang bertajuk “Energi Baru, Suara Baru” yang dilaksanakan disebuah tanah lapang di Pantai Baru. Acara hasil kolaborasi para Karang Taruna Poncosari dan Earth Hour Jogja ini menghadirkan Nosstress, Song For Breakfast, serta penampilan dari tari dari siswi SMK Binawiyata Srandakan.

Sebenarnya dipostingan sebelumnya gue cerita mbulet soal bikin video teaser-nya, entah kalian mau baca atau nggak tapi gue sendiri yang nulis dan baca lagi kok jelek bener yak? baca disini deh.

Continue reading Swasembada Energi di Poncosari